Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian Metode Grafik Terlengkap. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Pengertian Metode Grafik Terlengkap - Metode Grafik merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan linier programming. Metode ini menggunakan pendekatan grafik dalam pengambilan keputusannya, dimana seluruh fungsi kendala dibuat dalam satu bagian gambar kemudian diambil keputusan yang optimum.
Metode ini terbatas pada pemakaian untuk dua variabel keputusan, apabila memiliki lebih dari dua variabel keputusan makan metode ini tidak dapat digunakan .
Pendidikanmu - Dengan demikan membuat rencana kegiatan-kegiatan untuk memperoleh hasil yang optimal, yaitu suatu hasil untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan cara yang paling baik di anatar smua alternatif yang mungkin.
Dalam linier programming dikenal dua macam fungsi, antara lain sebagai berikut:
Bentuk umum tabel linier programming:
Metode ini terbatas pada pemakaian untuk dua variabel keputusan, apabila memiliki lebih dari dua variabel keputusan makan metode ini tidak dapat digunakan .
Konsep Dasar Linier Programming
Menurut Frederick S. Hiller dan gerald J. Liebermen, Linier Programming merupakan suatu model matematis untuk menggambarkan masalah yang dihadapai. Linier berarti bahwa semua fungsi matematis dalam model ini harus merupakan fungsi-fungsi linier. Programming merupakan sinonim untuk kata perencanaan.Pendidikanmu - Dengan demikan membuat rencana kegiatan-kegiatan untuk memperoleh hasil yang optimal, yaitu suatu hasil untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan cara yang paling baik di anatar smua alternatif yang mungkin.
Dalam linier programming dikenal dua macam fungsi, antara lain sebagai berikut:
1. Fungsi Tujuan
Menggambarkan apa yang ingin di capai perusahaan dengan menggunakan sumber daya yang ada, fungsi tujuan digambarkan dalam bentuk maksimal (misalnya untuk laba, penerimaan, produksi dan lain-lainnya atau minimasi (misalnya untuk biaya) yang biasanya dinyatakan dalam notasi Z.2. Fungsi Kendala
Menggambarkan kendala-kendala yang dihadapi yang dihadapi perusahaan dalam kaitannya dnegan pencapaian tujuan tersebut, misalnya mesin, tenaga kerja, dan lain-lainnya. Untuk linier programming kendala yang dihadapi berjumlah lebih dari satu kendala.Bentuk umum tabel linier programming:
Sumber Daya | Keigatan | Kapasitas | |||
1 | 2 | ..... | N | ||
1 | a11 | a12 | ..... | a1n | b1 |
2 | a21 | a22 | ..... | a2n | b2 |
..... | ..... | ..... | ..... | ..... | ..... |
m | am1 | am2 | ..... | amn | bm |
Z/unit | C11 | C2 | ..... | Cn | |
Tingkat Kegiatan | X11 | X2 | ..... | Xn |
Model Matematis
Secara umum model matematis untuk kondisi maksimal dan minimasi terdapat perbedaan pada kendala. Untuk kasus maksimaasi umumnya kendala berbentuk pertidaksamaan ≤, sedangkan kasus minimasi berbentuk pertidaksamaan ≥.a. Kasus Maksimasi
Maksimumkan : Z=C1X1+C2X2+…..+CnXn
Kendala/Pembatas : 1. a11X1+a22X2+…..a1nXn≤b1
2. a21X1+a22X2+…..a2nXn≤b2
:
m. am1X1+am2X2+….+amnXn≤bm
X1'X2'Xn'≥0
b. Kasus Minimasi
Minimumkan : Z=C1X1+C2X2+…..+CnXn
Kendala/Pembatas : 1. a11X1+a22X2+…..a1nXn≥b1
2. a21X1+a22X2+…..a2nXn≥b2
:
m. am1X1+am2X2+….+amnXn≥bm
X1'X2'Xn'≥0
Langkah-Langkah pengerjaan Metode Grafik
- Terdapat tujuh langkah dalam pemecahan masalah grafik, yaitu:
- Identifikasi tujan dan kendala
- Formulasikan dalam model matematis
- Membuat grafik kendala dalam satu gambar
- Menentukan daerah layak dan titik koordinatnya
- Memilih variabel keputusan
- Pergeseran garis tujuan
- Metode trial eror
Tidak ada komentar:
Posting Komentar