Kelenjar Bulbouretra (Cowper) : Pengertian, Struktur, Fungsi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Kelenjar Bulbouretra (Cowper) : Pengertian, Struktur, Fungsi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN KELENJAR BULBOURETRA (COWPER)
Kelenjar Bulbouretra (Cowper) adalah sepasang kelenjar eksokrin kecil yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Kelenjar ini terletak di belakang samping bagian uretra dasar dan dibawah kelenjar prostat. Kelenjar Bulbouretra homolog dengan kelenjar bartholin pada wanita. Saluran dari kelenjar ini memiliki panjang sekitar 2,5 cm. 
Pengertian, Struktur, Fungsi Kelenjar Bulbouretra (Cowper)
KELENJAR BULBOURETRA (COWPER)
B. FUNGSI KELENJAR BULBOURETRA (COWPER)
Fungsi utama dari kelenjar Bulbouretra (Cowper) adalah untuk menghasilkan cairan seperti mukus sebelum ejakulasi. Cairan yang dihasilkan keluar sebelum keluarnya cairan semen, mukus ini berfungsi untuk melubrikasi bagian uretra, menetralkan saluran uretra dari cairan urin dan melindungi sperma dalam cairan semen. Cairan mukus tersebut transparan, tidak berwarna dan kental.

C. STRUKTUR KELENJAR BULBOURETRA (COWPER)
Kelanjar Bulbouretra dapat dibagi menjadi bagian kepala dan ekor. Kelenjar ini tersusun atas lobus glandular yang dihubungkan oleh serat fibrosa satu sama lainnya. Diantara lobus lobus tersebut terdapat pori – pori kecil yang dikelilingi oleh epitel kolumnar. Lobus yang saling berhubungan satu sama lain ini membentuk saluran yang panjangnya sekitar 2,5 cm. Sel epitel yang melapisinya mempunyai nukleus yang kecil dan datar, serta mempunyai sitoplasma yang bersifat basophilic. 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar