Pons Otak : Pengertian, Struktur, Fungsi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pons Otak : Pengertian, Struktur, Fungsi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN PONS
Pons adalah bagian otak salah satu bagian dari batang otak yang terletak di atas medula oblongata dan di bawah otak tengah. Pons memiliki panjang sekitar 2,5 cm. Dapat dikatakan pons merupakan batang berisi serabut saraf yang berfungsi untuk menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang serta menghubungkan bagian otak kecil kiri dengan kanan. Walaupun ukurannya terbilang cukup kecil, tetapi pons memiliki fungsi yang sangat penting.
Pengertian, Struktur, dan Fungsi Pons
PONS
B. STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN PONS
Secara garis besar pons dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu :
  1. Bagian Basilar Pons, terletak pada bagian ventral, fungsiny berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  2. Bagian Pontine Tegmentum, terletak pada bagian dorsal, fungsinya berhubungan dengan sistem homeostasis dan lintasan refleks.
Struktur Pons
STRUKTUR PONS
Pada pons terdapat beberapa nukleus saraf yang memilliki peran penting dalam tubuh, yaitu :
  1. Nukleus Sensorik dan Motorik dari nervus trigeminal.
  2. Nukleus dari nervus abdusen.
  3. Nukleus dari nervus fasial.
  4. Nukleus dari nervus vestibulocochlear.
C. FUNGSI PONS
  • Fungsi utama pons adalah bertindak sebagai jalur transfer sinyal antara otak besar dengan sumum tulang belakang, dan juga otak kecil.
  • Saraf Trigeminal, seperti yang telah kami singgung sebelumnya, pada pons terdapat nukleus sensorik dan motori saraf trigeminal. Fungsinya adalah untuk mengatur sensai dan gerakan pada wajah, juga bertanggung jawab dalam proses mengunyah dan menelan.
  • Saraf Abdusen, fungsi dari saraf abdusen ini adalah untuk mengatur gerakan mata.
  • Saraf Fasial, berfungsi untuk mempengaruhi otot-otot wajah, sehingga kita mampu untuk tersenyum, mengangkat alis, dan menunjukkan berbagai ekspresi pada wajah.
  • Serabut Vestibulocochlear, saraf ini berfungsi untuk mengatur transmisi suara dari telinga ke otak dan membantu menjaga keseimbangan serta koordinasi tubuh.
  • Pons juga berperan dalam mengatur fungsi tak sadar seperti pernapasan. Suatu daerah pada bagian pons, yang dikenal dengan sistem retikular juga mengatur siklus tidur manusia. 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar