Permintaan dan Penawaran : Pengertian, Teori, Jenis, Kurva


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Permintaan dan Penawaran : Pengertian, Teori, Jenis, Kurva. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli atau diminta pada suatu harga dalam jangka waktu tertentu. Permintaan dilakukan oleh konsumen (pembeli) yang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dalam jangka waktu tertentu. Penawaran dilakukan oleh pedagang yang melakukan kegiatan ekonomi untuk menjari keuntungan.
Pengertian Permintaan dan Penawaran, Teori Permintaan dan Penawaran
PERMINTAAN DAN PENAWARAN
B. TEORI HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Hukum Permintaan
Permintaan akan meningkat ketika harga suatu barang atau jasa menurun, demikianpula sebaliknya, permintaan akan menurun jika harga untuk barang atau jasa naik.

2. Hukum Penawaran
Penawaran akan meningkat ketika harga suatu barang atau jasa naik, demikianpula sebaliknya, penawaran akan menurun jika harga untuk barang atau jasa turun.

Karena hukum permintaan dan penawaran saling bertolak belakang satu sama lain, maka harga pasar yang terbentuk adalah berdasarkan hasil permintaan dan penawaran tersebut, harga ini tercipta dengan sendirinya dimana konsumen dan penjual sama-sama mendapat keuntungan.

C. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
a. Perilaku dan selera konsumen
b. Ketersedian dan harga barang  atau jasa pengganti
c. Pendapatan atau penghasilan konsumen
d. Perkiraan harga barang atau jasa tersebut di masa depan
e. Jumlah kebutuhan konsumen terhadap suatu barang atau jasa
f. Jumlah Penduduk

2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
a. Biaya Produksi dan Teknologi yang digunakan
b. Tujuan Perusahaan
c. Pajak yang ditanggung oleh perushaan
d. Ketersediaan barang penggant/pelengkap
e. Ekspeketasi/perkiraan Harga di Masa Depan

D. KLASIFIKASI MACAM – MACAM JENIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Jenis – Jenis Permintaan
a. Berdasarkan Daya Beli Konsumen
  • Permintaan efektif, yaitu permintaan yang disertai dengan daya beli dan dilaksanakan. Contohnya, ketika ingin makan pepaya, anda pergi ke toko buah dan membelinya.
  • Permintaan Potensial, yaitu permintaan yang disertai dengan daya beli tetapi belum dilaksanakan. Contohnya anda bisa dan ingin membeli sebuah buku, tetapi anda tidak berencana membeli buku itu sekarang.
  • Permintaan Absolut, yaitu keinginan konsumen yang tidak disertai dengan daya belinya, permintaan absolut inilah yang sering disebut dengan angan-angan. Contohnya seorang pemulung yang ingin mempunyai mobil.

b. Berdasarkan Jumlahnya
  • Permintaan Individu, yaitu jumlah permintaan yang dilakukan oleh satu orang.
  • Permintaan Pasar, yaitu hasil penjumlahan dari setiap permintaan individu atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu

2. Jenis Jenis Penawaran
  • Penawaran penjual, yaitu jumlah penawaran yang dilakukan oleh perusahaan atau penjual terntentu atas suatu barang atau jasa.
  • Penawaran Pasar, yaitu hasil penjumlahan dari seluruh perusahaan yang ada di pasar terhadap suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu.

E. KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Kurva Permintaan
Kurva Permintaan
KURVA PERMINTAAN
2. Kurva Penawaran
Kurva penawaran
KURVA PENAWARAN
3. Keseimbang antara Kurva Permintaan dan Penawaran yang Menentukan Harga Barang atau Jasa
Kurva Keseimbangan Permintaan dan Penawaran
KESEIMBANGAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN

F. FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Fungsi Permintaan
Fungsi Permintaan adalah kajian matematis yang menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan harga yang untuk suatu barang atau jasa. Karena fungsi ini mengikuti hukum permintaan dimana permintaan berbanding terbalik dengan harga, yaitu semakin meningkat harga maka permintaan menurun, dan jika harga menurun maka permintaan meningkat, maka gradien permintaan bernilai negatif.

a. Bentuk Fungsi Permintaan
Fungsi Permintaan
BENTUK FUNGSI PERMINTAAN
b. Rumus Permintaan
Rumus Permintaan
RUMUS PERMINTAAN

2. Fungsi Penawaran
Fungsi Penawaran adalah kajian matematis yang menunjukkan hubungan antara kuantitas atau jumlah penawaran dengan harga barang yang ditawarkan oleh produsen. Karena fungsi ini mengikuti hukum penawaran dimana penawaran berbanding lurus dengan harga, yaitu semakin meningkat harga maka permintaan juga meningkat, dan demikian pula sebaliknya, maka gradien penawaran selalu bernilai positif.
a. Bentuk Fungsi Penawaran
Fungsi Penawaran
FUNGSI PENAWARAN

b. Rumus Fungsi Penawaran
Rumus Penawaran
RUMUS PENAWARAN
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar