Statistika, Statistik, Populasi dan Sampel


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Statistika, Statistik, Populasi dan Sampel. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.

Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari mengenai perencanaan, pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian dan interpretasi data serta pengambilan keputusan berdasarkan data. Statistika merupakan cabang dari ilmu matematika. Beberapa ilmu dasar dari statistika adalah ilmu peluang atau probabilitas, kalkulus dan aljabar.

Statistika secara umum terbagi dalam dua jenis, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif berhubungan dengan penataan, peringkasan dan penyajian data, sedangkan statistik inferensial berhubungan dengan pengujian dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan hipotesis.

Statistika banyak diterapkan di berbagai bidang keilmuan lain, seperti bidang sosial, kependudukan, ekonomi, bisnis, asuransi, kesehatan dan komputasi. Data statistik digunakan sebagai alat dalam pengambilan kebijakan serta menyelesaikan persoalan-persoalan di bidang-bidang tersebut.

Statistik

Statistik adalah data atau ukuran yang diperoleh dari hasil perencanaan, pengumpulan, pengolahan dan analisis. Data atau ukuran statistik tersebut disajikan dalam bentuk angka hasil observasi, angka agregat, rata-rata, median, modus atau ukuran-ukuran lainnya. Data statistik juga tersedia dalam bentuk tabel, diagram atau grafik. Statistik dipelajari melalui Statistika.

Contoh data statistik misalnya data luas wilayah, jumlah penduduk, rata-rata lama sekolah, angka pengangguran dan lain-lain. Contoh data statistik yang disajikan dalam bentuk diagram dan grafik adalah piramida penduduk, gini ratio dan lain-lain.

Data statistik dapat memberikan gambaran secara umum suatu fenomena, memberikan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan suatu kejadian, mengetahui faktor-faktor yang berhubungan, memberikan ramalan atau prediksi pada masa yang akan datang.

Statistik digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengontrolan kegiatan. Dengan statistik kita dapat menetapkan target yang akurat dan mengevaluasi serta mengontrol kegiatan dengan baik. Selain itu, dengan memanfaatkan data statistik kita bisa lebih cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan dan menentukan kebijakan.

Populasi

Populasi adalah keseluruhan dari objek penelitian. Populasi sering juga disebut dengan semesta. Contoh populasi: semua penduduk di suatu wilayah, semua usaha di suatu wilayah, semua siswa di suatu sekolah, semua sapi dan kerbau di suatu wilayah, dan lain-lain.

Yang dipelajari oleh peneliti terhadap populasi bukan hanya sekedar kuantitas (jumlah) objek populasi saja tetapi juga mengenai karakteristik dan sifat-sifat yang dimiliki oleh objek populasi tersebut.

Jika ukuran populasi sangat besar, maka peneliti akan kesulitan melakukan penelitian terhadap populasi secara keseluruhan karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu, agar penelitian lebih efektif dan efisien maka dilakukanlah kegiatan statistik dimana penelitian hanya dilakukan terhadap sebagian elemen populasi saja. Sebagian elemen populasi yang diteliti tersebut disebut dengan sampel.

Hasil penelitian terhadap sampel bisa digeneralisasi terhadap populasi. Agar sampel benar-benar dapat menggambarkan populasi, maka pengambilan sampel harus mengikuti kaidah-kaidah statistik. Materi statistika yang mempelajari tata cara dan metode-metode penarikan sampel adalah Teknik Sampling.

Sampel

Sampel adalah sebagian dari populasi atau sebagian dari keseluruhan objek penelitian. Sampel biasanya diambil dari populasi karena ukuran populasi terlalu besar sehingga untuk melakukan penelitian terhadap populasi tersebut membutuhkan banyak tenaga, waktu yang lama dan biaya yang tinggi. Oleh karena itu diambillah sampel dimana sampel tersebut yang diharapkan dapat mewakili populasi.

Pengambilan sampel dari populasi tidak dilakukan sembarangan. Pengambilan sampel sangat tergantung kepada besarnya populasi dan karakteristik populasi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan teknik sampling yang tepat sehingga sampel yang diperoleh benar-benar representatif atau benar-benar mewakili populasi.

Umumnya semakin besar ukuran sampel maka akan semakin mewakili sampel tersebut terhadap populasi.

Istilah populasi dan sampel erat kaitannya dengan sensus dan survei, dimana penelitian terhadap populasi disebut dengan sensus, sedangkan penelitian terhadap sampel disebut dengan survei.
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar