Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi Terlengkap - Seperti bagian tubuh lainnya, organ reproduksi harus dirawat kebersihannya. Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, meyebabkan tubuh kita lebih mudah untuk berkeringat. Daerah lipatan seperti ketiak dan pangal paha jika berkeringat akan menjadi lembap. Bakteri mudah sekali untuk berkembang biak di daerah yang akan berkeringat dan lembap. Hal itu dapat menimbulkan bau tak sedap dan penyakit.

Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi Terlengkap


Organ reproduksi berada di daerah lipatan dan tertutup sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam merawat kebersihannya.

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan di sekitat organ reproduksi sebagai berikut:
  • Biasakan mandi dua kali sehari.
  • Cucilah tangan setiap sebelum dan sesudah buang air kecil dan buang air besar.
  • Cucilah bagian luar organ reproduksi dengan sabun dan air bersih.
  • Gantilah pakaian dalam minimal du kali sehari. Perhatikan juga bahan pakaian dalam yang digunakan. Gunakanlah bahan yang meyerap keringat, misalnya dari katun.
  • Hindari bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain.
Anak perempuan yang mengalami menstruasi, sebaiknya membiasakan diri untuk mengganti pembalut dengan teratur 3 hingga sampai 4 kali sehari. Pembalut yang jarang diganti menyebabkan daerah organ kelamin menjadi lembap dan menjadi tempat-tempat bakteri berkembang biak. Gunakan juga pembalut yang berbahan lembut dan dapat menyerap cairan dengan baik. Gunakan pembalut yang tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi.

Khusus untuk anak laki-laki, perhatikan dengan baik saat membersihkan organ reproduksi. Setiap selesa mencuci bagian luar organ reproduksi, keringkanlah dengan baik. Jika belum disunat, bagian luar organ reproduksi harus dibersihkan dengan lebih teliti supaya tidak ada tempat bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak.

Banyak anak yang mulai mengalami pubertas merasa malu akan perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Jika kamu merasa demikian, cobalah  untuk bertanya tentang hal tersebut kepada kedua orang tua kamu. Perubahan tubuh yang terjadi pada masa puber merupakan hal yang normal dan harus dikomunikasikan dengan orang dewasa.

Tubuh anak yang sudah mengalami pubertas tumbuh menjadi tubuh orang dewas. Artinya, anak laki-laki dan anak perempuan yang sudah pubertas sudah siap untuk melalukan proses reproduksi atau menghasilkan anak. Akan tetapi, seseorang pada usia pubertas ini belum siap secara mental untuk menjadi seorang ayah dan ibu. Bagaimana pendapatmu tentang hal tersebut?
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar