Pengertian Valuta Asing dan Bursa Valuta Asing


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian Valuta Asing dan Bursa Valuta Asing. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Pengertian Valuta Asing dan Bursa Valuta Asing Terlengkap - Jual Beli yang dilakukan orang-orang dalam suatu negara tidak mengalami masalah dalam pembayarannya. Mereka menggunakan mata uang yang sama. Lain halnya dengan perdagangan Internasional, pembayaran lebih lebih sulit sebab mata uang penjual dan pembeli belum tentu sama. Mengapa? Karena setiap negara meiliki uang yang dipergunakan sebagai alat pembayaran.

Perdagangan Internasional menimbulkan kebutuhan akan mata uang asing karena perdagangan ini melibatkan orang-orang yang berbeda negaranya. Oleh karena itu, muncullah kebutuhan akan mata uang asing. Mata uang asing tersebut juga disebut dengan Valuta Asing.

Pengertian Valuta Asing dan Bursa Valuta Asing Terlengkap

Untuk kepentingan transaksi Internasional, orang memerlukan valuta asing. Valuta asing tersebut bisa dibeli karena memang ada lembaga yang memperjualbelikan valuta asing.

Pengerian Bursa Valuta Asing

Bursa Valuta Asing merupakan tempat atau lembaga yang memperdagangkan berbagai jenis mata uang asing. Bursa valuta asing diselenggarakan oleh bank pemerintah, bank swasta nasional dan bank swasta asing yang sudah menjadi bank devisa serta lembaga yang mengkhususkan kegiatan dalam perdagangan mata uang asing.Lembaga yang mengkhususkan kegiatannya dalam perdagangan mata uang asing disebut juga dengan Money Changer.

Harga valuta asing ditentukan oleh proses permintaan dan penawaran yang terjadi melalui mekanisme pasar. Dalam ilmu pengetahuan ekonomi dikenal dengan istilah kurs (nilai tukar). Kurs sendiri merupakan harga mata uang asing tertentu yang dinyatakan dalam mata uang dalam negeri.

Ada beberapa persitilahan tentang kurs valuta asing yakni:

  • Kurs beli menunjukkan harga beli valuta asing pada saat bank atau money changer membeli valas atau pada saat seseorang menukarnya valuta dengan rupiah.
  • Kurs jual menunjukkan harga jual valuta asing pada saat bank atau money changer menjual valas atau pada saat seseorang menukarkan rupiah dengan valas.
  • Kurs tengah merupakan kurs antara kurs jual dan kurs beli.


Berikut ini perbandingan nilai mata uang rupiah dengan mata uang asing sebagai berikut:

Valuta Asing
Kurs Beli
Kurs Jual
Valuta Asing
Kurs Beli
Kurs Jual
Dolar USA
9.050
9.075
Yen Jepang
81,25
83,25
Euro
10.950
9.075
Ringgit
2.325
2.400
Dolar Australia
6.400
6.500
Riyal
2.325
2.400
Dolar Kanada
6.750
6.850
Dirham UEA
2.000
2.250
Pound Inggris
16.350
16.650
Dinar Kuwait
24.500
27.000
Dolar Hongkong
1.125
1.200
Dinar Bahrain
16.500
18.000
Dolar Singapura
5.200
5.300

Fungsi Pasar Valuta Asing

Dalam rangka memperlancar embayaran internasional, pasar valuta asing mempunyai fungsi yang amat penting. Fungsi pasar valuta asing sebagai berikut:

  • Memperlancar terjadinya kegiatan ekspor dan impor
  • Memperlancar penukaran valuta asing
  • Memperlancar pemindahan dana dari suatu negara ke negara lainnya
  • Memberikan tempat para pedagang valuta asing untuk melakukan spekulasi
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar