Pada halaman ini akan dibahas mengenai Kalkulator Uji Bilangan Kuantum. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Berikut ini adalah Kalkulator Uji Bilangan Kuantum. Sebagai dasar teori untuk dapat memeriksa apakah bilangan-bilangan kuantum suatu elektron itu sesuai aturan atau tidak dapat dilakukan dengan aturan sebagai berikut:
Dasar teori:
Untuk menentukan kedudukan orbital suatu atom dapat menggunakan 3 bilangan kuantum, yaitu bilangan kuantum utama($n$), bilangan kuantum azimut ($l$), dan bilangan kuantum magnetik ($m$). Untuk menentukan kedudukan elektron selain 3 bilangan kuantum $n$, $l$, dan $m$ masih harus ditentukan berdasarkan bilangan kuantum spin ($s$).
Bilangan kuantum Magnetik ($m$)
Bilangan kuantum Magnetik ($m$)ini menyatakan orientasi orbital dalam ruang.
Bilangan kuantum magnetik sangat bergantung pada besarnya nilai bilangan kuantum azimut ($l$). Sering pula dituliskan $m$ = ±$l$. Misal:
$l$ = 0 maka nilai $m$ yang boleh hanya 0
$l$ = 1 maka nilai $m$ yang boleh adalah -1, atau 0 atau +1
$l$ = 2 maka nilai $m$ yang boleh adalah -2, atau -1, atau 0 atau +1 atau +2
$l$ = 3 maka nilai $m$ yang boleh adalah -3 atau -2, atau -1, atau 0 atau +1 atau +2 atau +3
Bilangan kuantum Spin ($s$)
Bilangan kuantum spin ($s$) ini tidak bergantung pada bilangan kuantum yang lain. Nilai ($s$) hanya ada dua pilihan spin -½ atau +½.
Dari aturan tersebut "Kalkulator Uji Bilangan Kuantum" dapat dibuat dengan tujuan untuk menentukan apakah deret bilangan kuantum yang menyatakan kedudukan elektron pada subkulit tertentu itu benar atau tidak. Tujuan pembuatan kalkulator ini adalah sebagai alat bantu belajar ketika siswa berlatih mengerjakan soal secara mandiri. Diharapkan dengan alat ini siswa menjadi lebih mudah memahami konsep-konsep bilangan kuantum.
Kesimpulan pada Kalkulator Uji Bilangan Kuantum ini akan menjadi benar bila semua hasil pengecekan setiap jenis bilangan kuantum semua benar. Selain itu maka kesimpulan akan bernilai salah.
Dasar teori:
Untuk menentukan kedudukan orbital suatu atom dapat menggunakan 3 bilangan kuantum, yaitu bilangan kuantum utama($n$), bilangan kuantum azimut ($l$), dan bilangan kuantum magnetik ($m$). Untuk menentukan kedudukan elektron selain 3 bilangan kuantum $n$, $l$, dan $m$ masih harus ditentukan berdasarkan bilangan kuantum spin ($s$).
- Bilangan Kuantum Utama ($n$)
$n$ ini menentukan tingkat energi suatu atom berdasarkan elektron.
Bilangan kuantum utama biasanya dinyatakan dengan lambang huruf kapital K, L, M, N, O, dan seterusnya.
Tingkat energi K atau kulit K ini memiliki nilai n = 1
Tingkat energi L atau kulit L ini memiliki nilai n = 2
Tingkat energi M atau kulit M ini memiliki nilai n = 3
Tingkat energi N atau kulit N ini memiliki nilai n = 4
Tingkat energi O atau kulit O ini memiliki nilai n = 5.
Nilai n ini semuanya merupakan bilangan bulat positif. - Bilangan kuantum Azimut ($l$) Bilangan kuantum azimut $l$ ini menyatakan subkulit. Bilangan kuantum azimut akan bernilai benar bila nilai $l$ lebih kecil dari bilangan kuantum utama ($n$) dan harus merupakan bilangan bulat (0, 1, 2, 3 dan seterusnya).
Bilangan kuantum Magnetik ($m$)ini menyatakan orientasi orbital dalam ruang.
Bilangan kuantum magnetik sangat bergantung pada besarnya nilai bilangan kuantum azimut ($l$). Sering pula dituliskan $m$ = ±$l$. Misal:
$l$ = 0 maka nilai $m$ yang boleh hanya 0
$l$ = 1 maka nilai $m$ yang boleh adalah -1, atau 0 atau +1
$l$ = 2 maka nilai $m$ yang boleh adalah -2, atau -1, atau 0 atau +1 atau +2
$l$ = 3 maka nilai $m$ yang boleh adalah -3 atau -2, atau -1, atau 0 atau +1 atau +2 atau +3
Bilangan kuantum spin ($s$) ini tidak bergantung pada bilangan kuantum yang lain. Nilai ($s$) hanya ada dua pilihan spin -½ atau +½.
Dari aturan tersebut "Kalkulator Uji Bilangan Kuantum" dapat dibuat dengan tujuan untuk menentukan apakah deret bilangan kuantum yang menyatakan kedudukan elektron pada subkulit tertentu itu benar atau tidak. Tujuan pembuatan kalkulator ini adalah sebagai alat bantu belajar ketika siswa berlatih mengerjakan soal secara mandiri. Diharapkan dengan alat ini siswa menjadi lebih mudah memahami konsep-konsep bilangan kuantum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar