Sistem Kekebalan Tubuh (Imun) Manusia


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Sistem Kekebalan Tubuh (Imun) Manusia. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH (SISTEM IMUN)
Sistem kekebalan tubuh atau disebut juga imunitas merupakan suatu kemampuan tubuh untuk melawan hampir semua jenis organisme atau toksin yang cenderung merusak jaringan dan organ tubuh. Organisme atau toksin ini merupakan protein asing yang berbeda dari protein tubuh manusia yang disebut antigen dan dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, antigen tersebut harus disingkirkan, dinetralisir dan dihancurkan. Sistem kekebalan tubuh yang berperan menjalankan tugas tersebut ialah antibodi. Antibodi merupakan suatu zat yang berasal dari protein darah jenis gama globulin dan berfungsi melawan antigen yang masuk ke dalam tubuh.
SISTEM KEKBALAN TUBUH (IMUN) MANUSIA
Dalam upaya melawan bermacam agen-agen yang infeksius dan toksik, sistem kekebalan tubuh kita terdiri atas leukosit darah (sel darah putih) dan sel-sel jaringan yang berasal dari leukosit. Sel ini bekerja secara bersama-sama melalui dua cara untuk mencegah penyakit, (1) merusak bakteri atau virus yang menginvasi melelui proses fagositosis, (2) membentuk antibodi dan limfosit yang tersensitisasi. Namun, dalam melakukan tugas tersebut, prinsip kerja kedua sel ialah menghacurkan atau membuat agen menjadi tidak aktif.

B. MACAM – MACAM IMUNITAS
Berdasarkan cara mempertahankan diri terhadap penyakit, sistem pertahanan tubuh digolongkan menjadi dua meliputi:

1. Imunitas Bawaan (Non-spesifik)
Imunitas bawaan merupakan sistem pertahanan yang sudah ada di dalam tubuh. Mekanisme kerja imunitas bawaan meliputi:
  • Proses fagositosis bakteri dan organisme lainnya oleh leukosit dan sel pada jaringan makrofag jaringan;
  • Penghancuran orgenisme yang tertelan ke dalam saluran cerna oleh asam lambung dan enzim pencernaan;
  • Daya tahan kulit terhadap invasi organisme
Adanya senyawa kimia tertentu dalam darah yang melekat pada organisme asing atau toksin dan kemudian menghancurkannya. Senyawa tersebut meliputi, (1) lisozim, suatu polisakarida mukolitik yang menyerang bakteri dan membuatnya larut, (2) polipeptida, yang bereaksi dengan bakteri gram positif terrtentu dan membuatnya menjadi tidak aktif, (3)dasar kompleks komplemen, suatu sistem yang terdiri dari kurang lebih 20 protein yang dapat diaktifkan melalui berbagai macam cara untuk menghancurkan bakteri, dan (4) limfosit pembunuh alami(natural killer lymphocyte), yang dapat mengenali dan menghancurkan sel-sel asing, sel-sel tumor, bahkan beberapa sel yang terinfeksi.

2. Imunitas Didapat (Spesifik)
Sistem imun didapat merupakan imunitas yang dihasilkan oleh sistem imun khusus yang membentuk antibodi dan/atau mengaktifkan limfosit yang mampu menyerang dan menghancurkan organisme spesifik atau toksin. Sistem imun ini teraktivasi apabila patogen berhasil melewati sistem pertahanan tubuh bawaan.

Imunitas didapat memiliki dua tipe dasar. Tipe-tipe dasar imunitas ini merupakan respon tubuh terhadap antigen. Tipe-tipe dasar tersebut meliputi:

a. Imunitas humoral
Imunitas humoral disebut disebut juga imunitas sel B, karena limfosit B membentuk antibodi. Pembentukan antibodi dipicu oleh kehadiran antigen dimana prosesnya dimulai dari sel B pembelah yang akan membentuk sel B plasma dan sel B pengingat. Sel B plasma akan menghasilkan antibodi yang berfungsi mengikat antigen dimana antibodi bekerja secara spesisfik. Antigen yang terikat akan mempermudah sel makrofag untuk menangkap dan manghancurkan patogen tersebut. Berikut variasi cara antibodi menghadapi antigen.

Netralisasi, yaitu antibodi akan memblokir tempat-tempat dimana antigen seharusnya berikatan dengan sel inang. Selain itu, antibodi akan menetralkan bakteri beracun dengan menyelubungi bagian beracun dengan menyelubungi bagian beracunnya sehingga makrofag dapat dengan mudah memfagositnya.
Aglutinasi, antibodi akan membuat patogen atau antigen mengalami aglutinasi sehingga mudah difagositosis oleg makrofag.
Pengendapan, antibodi akan membuat antigen terlalut mengendap sehingga antigen tersebut tidak dapat bergerak dan mudah ditangkap oleh makrofag.
Aktivasi sistem komplemen, antibodi akan mengikat antigen yang kemudian mengaktifkan sistem komplemen untuk membentuk lubang/pori pada sel patogen.

Setelah infeksi berakhir, sel B plasma akan mati dan sel B pengingat akan bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Terpajannya tubuh dengan patogen pertama kali yang melibatkan serangkaian respon imun awal ini disebut sebagai respon  imunitas primer. Saat tubuh terpajan patogen yang sama untuk kedua kalinya akan direspon oleh sel B pengingat yang kemudian akan menstimulasi pembentukan sel B plasma untuk memproduksi antibodi. Respon tubuh terhadap pajanan antigen kedua kali ini disebut respon imunitas sekunder.

b. Imunitas selular atau imunitas sel T
Sistem imunitas seluler dimodulasi oleh sel T. Pada mulanya sel T helper akan menstimulasi se T sitotoksi yang berperan dalam menyerang sel-sel asing atau jaringan tubuh yang telah terinfeksi secara langsung. Sel tersebut akan membunuh patogen dengan melekatkan diri pada permukaan antigen. Apabila infeksi sudah berhasil ditangani sel T supresor akan menghambat kegiatan sel T sitotoksik dan membatasi produksi antibodi agar tidak terjadi respon kekebalan yang berlebihan.

1. Sel yang Berperan dalam Imunitas Bawaan
Berikut ini sel-sel yang membantu dalam menjalankan sistem imunitas bawaan dalam tubuh, diantaranya:
SEL IMUN DALAM TUBUH
a. Makrofag
Makrofag merupakan sel fagositosis yang terbentuk dari sebuah jenis sel darah yang disebut monosit putih. Makrofag mengeluarkan zat yang menarik sel darah putih lainnya ke lokasi infeksi dan juga membantu sel T mengenali antigen.

b. Neutrofil
Neutrofil merupakan jenis yang paling umum dari sel darah putih dalam aliran darah yang mengandung butiran yang melepaskan enzim untuk membantu membunuh dan mencerna sel-sel asing. Selain itu, neutrofil juga melepaskan suatu zat yang menghasilkan serat dalam jaringan sekitarnya. Serat tersebut berguna untuk menjebak bakteri sehingga membuat bakteri sulit menyebah dan mudah dihancurkan.

c. Eosinofil
Eosinofil normalnya mencakup 2% dari seluruh leukosit darah. Eosinofil dapaat mencerna bakteri dan juga menargetkan sel-sel asing yang terlalu besar untuk ditelan. Eosinofil mengandung butiran yang melepaskan enzim dan zat beracun lainnya ketika adanya patogen asing. Zat-zat tersebut akan membuat lubang pada sel target. Selain itu, eosinofil dapat menghancurkan sel-sel kanker dan telibat dalam upaya membantu melumpuhkan dan memmbunuh parasit. Peran eosifofil sebagai sel fagosit masih lemah dan diragukan dibanding neutrofil dan makrofag.

d. Basofil
Basofil dalam sirkulasi darah serupa dengan sel mast, yakni jaringan besar yang terletak di sisi luar banyak kapiler darah dalam tubuh dan melepaskan heparin ke dalam darah. Selain itu, basofil juga melepaskan histamin, sejumlah kecil bradikinin dan serotonin yang merupakan mediator-mediator yang telibat dalam reaksi alergi. Oleh karena itu, ketika basofil menghadapi alergen, basofil akan merilis mediator-mediator tersebut.

e. Natural Killer Cell
NK cell atau disebut juga sel pembunuh alami merupakan sel yang penting dalam pertahanan awal terhadap infeksi virus. NK sel berperan dalam mengenali dan menempel pada sel yang terinfeksi atau sel-sel kanker yang kemudian akan melepaskan enzim dan zat lain yang merusak membran luar sel-sel ini. Selin itu, Nk sel juga berperan dalam produksi siotkin yang mengatur beberapa fungsi sel lain, seperti sel T, sel B dan makrofag.

2. Sel yang Berperan dalam Imunitas Didapat
Sistem imunitas didapat dalam melaksanakan fungsinya melibatkan limfosit dan antibodi. Berikut ini uraian lebih lanjut.

a.  Limfosit
Limfosit berperan penting dalam kelangsungan hidup seseorang. Limfosit terbanyak ditemukan dalam nodus limfe dan tersebar di beberapa lokasi lain di dalam tubuh untuk menahan invasi organisme atau toksin sebelum dapat menyebar lebih luas. Limfosit terdiri dari dua jenis yaitu limfosit B dan limfosit T dan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1. Limfosit B
Limfosit B merupakan sel yang diproduksi dan dimatangkan di sumsum tulang yang kemudian melalui aliran darah akan menuju ke sistem limfatik. Sel B bertanggung jawab dalam menjalankan sistem imunitas humoral. Sel B terdiri atas 3 jenis yaitu, (1) sel B plasma, berfungsi memproduksi antibodi; (2) sel B pengingat, berfungsi sebagai sel memori terhadap antigen yang sudah terpajan sebelumnya dan menstimulasi sel B plasma jika terjadi infesksi kedua; dan (3) sel B pembelah, berfungsi menyeimbangkan jumlah produksi sel B plasma dan sel B pengingat dalam waktu yang cepat.

2. Limfosit T
Limfosit T diproduksi di sumsum tulang yang kemudian akan berimigrasi ke kelenjar timus dan berdiferensiasi secara cepat untuk melawan berbagai antigen spesifik. Sel T berperan dalam menjalankan kerja sistem imunitas seluler dan juga membantu produksi sel B plasma. Sama halnya seperti limfosit B, limfosit T juga terdiri atas 3 jenis meliputi, (1) sel T helper (CD4+), berfungsi menstimulasi pembentukan klon untuk produksi sel T sitotoksik dan sel T supresor juga faktor perangsang dan pertumbuhan sel B; (2) sel T sitotoksik, merupakan sel yang menyerang patogen yang masuk ke tubuh atau sel tubuh yang terinfeksi; dan (3) sel T supresor, berfungsi menekan fungsi sel T sitotoksik dan sel T helper agar segera setelah infeksi berhasil ditangani agar tidak menyebabkan reaksi imun yang berlebihan.

b. Antibodi
Antibodi merupakan gamma globulin yang disebut immunoglobulinyang mencakup sekitar 20% dari protein plasma. Antibodi bekerja terutama melalui dua cara untuk melindungi tubuh terhadap agen yang menginvasi yaitu dengan langsung menyerang penyebab penyakit tersebut atau mengaktifkan sistem komplemen yang kemudian dengan berbagai cara yang dimiliki akan menghancurkan penyebab penyakit tersebut. Terdapat lima golongan umum antibodi, yaitu IgM, IgG, IgA, IgD, IgE. Namun, diantaranya golongan yang sangat penting ialah IgG, IgE dan IgM.
IgG merupakan antibodi bivalen dan mencakup 75% dari seluruh antibodi pada orang normal. IgG dapat menembus dinding pembuluh darah dan plasenta sehingga berperan memberikan perlindungan terhadap bakteri, virus, dan toksin.
IMUNOGLOBULIN
IgM juga merupakan imunoglobulin yang penting, karena sebagian besar antibodi jenis inilah yang terbentuk selama respon imunitas primer. IgM dapat mengikat antigen atau patogen menjadi gumpalan ataupun mengaglutinasinya sehingga mudah difagositosis makrofag. Selain itu, IgM juga dapat memicu aktifnya protein komplemen.

IgE merupakan antibodi dengan jumlah yang sedikit tapi khususnya terlibat dalam proses alergi. Selain itu, IgE juga memicu peradangan jika cacing parasit menyerang tubuh.
Artikel Penunjang : Alergi : Pengertian, Penyebab, Proses
B. FUNGSI SISTEM KEKEBALAN TUBUH (SISTEM IMUN)
Secara umum, fungsi sistem imun diantaranya meliputi:
  • Melindungi tubuh dari bibit penyakit
  • Menghancurkan substansi asing/mikroorganisme dalam tubuh
  • Menghilangkan sel mati untuk perbaikan jaringan
  • Mengenali dan menghilangkan jaringan abnormal
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar