Soal OSN Guru Bidang Kimia Tingkat Provinsi Tahun 2015


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Soal OSN Guru Bidang Kimia Tingkat Provinsi Tahun 2015. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Berikut ini adalah soal-soal olimpiade sains nasional guru (OSNG) tingkat provinsi tahun 2015 bidang kimia. Jumlah semua soal 50 butir. Delapan soal pertama merupakan soal pedagogik dan sisanya adalah soal kompetensi guru kimia. Pada soal asli disediakan tabel periodik unsur. Dalam mengerjakan soal diperkenankan menggunakan kalkulator. Cara menjawab semua soal adalah dengan cara mengisi titik-titik yang terdapat pada setiap soal. Jadi model soal dengan jawaban pendek ringkas tanpa perlu uraian. Soal ini dapat diunduh pada pranala paling bawah di halaman ini. Untuk diskusi pembahasannya dapat diikuti di grup facebook Asosiasi Guru Kimia Indonesia (harus terdaftar terlebih dahulu, pastikan profil facebook rekan guru menunjukkan sebagai guru kimia, semua calon anggota akan diverifikasi lebih dulu).


Soal nomor 1
Seorang guru kimia menyusun RPP untuk materi Koloid dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Melalui model pembelajaran dipilih, guru kimia tersebut mempunyai tujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik. Pada tahapan penyajian hasil karya, karakter siswa yang dibangun adalah ..... (sebutkan 3)

Soal nomor 2
Untuk melakukan proses pembelajaran dengan kompetensi dasar “membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi, seorang guru kimia di samping membuat RPP juga melengkapinya dengan media pembelajaran yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut. Beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam membuat media adalah.... (sebutkan 3)

Soal nomor 3
Pada pembelajaran “Kesetimbangan Ion dalam Larutan”, seorang guru kimia mengajak siswa-siswanya melakukan praktikum di laboratorium. Guru kimia tersebut akan melakukan penilaian kinerja siswa dalam praktikum. Tiga tahapan penting yang harus dilakukan guru kimia tersebut dalam membuat instrumen penilaian kinerja praktikum adalah........, ........., dan .........

Soal nomor 4
Salah satu model pembelajaran dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah model dicovery learning, di mana langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (a) stimulation (memberi stimulus), (b) problem statement (mengidentifikasi masalah), (c) data collecting (mengumpulkan data), (d) data processing (mengolah data), (e) verification (memverifikasi), (f) generalization (menyimpulkan). Peserta didik mengeksplorasi pengetahuan konseptualnya pada tahap......

Soal nomor 5
Seorang guru kimia akan mengajarkan tentang Lambang Atom. Berzilius adalah tokoh kimia yang mengemukakan lambang atom. Berdasarkan usulannya kita kenal sampai saat ini. Natrium mempunyai lambang atom Na. Guru kimia tersebut harus memahami bahwa pengetahuan tentang lambang atom Na merupakan jenis pengetahuan.....

Soal nomor 6
Seorang guru kimia dalam melakukan pembelajaran harus mengupayakan agar pembelajaran tersebut bermakna bagi siswa-siswanya. Untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna, maka guru kimia tersebut pada awal pembelajaran menginformasikan tentang.....

Soal nomor 7
Seorang guru kimia akan melakukan pembelajaran tentang Ikatan Kimia dengan kompetensi dasar “membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dana ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk”. Sebagai kegiatan pembuka pembelajaran, guru kimia tersebut melakukan apersepsi dengan cara diskusi. Materi yang sesuai untuk bahan diskusi pada kegiatan apersepsi tersebut adalah ....

Soal nomor 8
Dalam suatu pembelajaran kimia, seorang guru kimia melakukan kegiatan pembelajaran dengan urutan sebagai berikut: (a) siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, (b) siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi kandungan boraks pada beberapa jenis makanan, (c) setiap kelompok mempresentasikan hasil analisisnya serta mengusulkan solusi pemecahannya. Proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kimia tersebut. Sesuai dengan pendekatan atau model pembelajaran.....


Soal nomor 9.
Hidrogen memiliki isotop $^{1}_{1}H$, $^{2}_{1}H$ dan $^{3}_{1}H$, sedangkan oksigen memiliki isotop $^{16}_{8}O$ dan $^{17}_{8}O$. Molekul H2O dengan massa molekul relatif yang berbeda berjumlah sebanyak ...... dan massa molekul relatifnya adalah......

Soal nomor 10.
Suatu contoh gas bumi mengandung 85% (volume) CH4, 10% C2H6, 3% C3H8 dan 3% N2 . Jika dengan seperangkat reaksi katalisis semua atom karbonnya dapat dikonversi menjadi butadiena (C4H8) dengan efisiensi 100%. Banyak butadiena yang dapat dibuat dari 100 gram gas bumi adalah.......

Soal nomor 11.
Suatu sampel senyawa yang terdiri dari nitrogen dan oksigen, mengandung 1,52g N dan 3,47g O. Massa molar dari senyawa ini antara 90g - 95g. Rumus molekul dan massa molar yang tepat dari senyawa tersebut adalah ............. dan .................

Soal nomor 12.
“Breathalyzer” adalah alat yang digunakan untuk mengetahui apakah seseorang dalam pengaruh alkohol atau tidak. Prinsip kerja alat ini adalah terjadi oksidasi etanol dalam nafas dengan ion dikromat membentuk asam asetat dan ion kromium (III). Persamaan reaksinya adalah

3C2H5OH(aq) +2Cr2O72–(aq) + 2H+(aq) ⟶ 3HC2H3O2(aq) + 4Cr3+(aq) + 11H2O(l)

Dalam satu analisis terhadap nafas seseorang diketahui terjadi pengurangan jumlah K2Cr2O7 sebesar 4,2 Mg. Jika volume alat adalah 0,500L pada 30 oC dan 750 mmHg maka persen alkohol dalam nafas orang tersebut adalah .......

Soal nomor 13.
Bila proses Bayer digunakan untuk memulihkan aluminium dari bijih bersilika, maka sebagian aluminium hilang karena terbentuk lumpur yang tak dapat diolah kembali dan mempunyai rumus 3Na2O.3Al2O3.5SiO2.5H2O. ion-ion aluminium dan natrium selalu terdapat dalam jumlah berlebihan di dalam larutan yang digunakan untuk mengendapkannya, sehingga pengendapan lumpur tersebut dapat dianggap komplit, artinya tidak ada yang tersisa. Suatu bijih tertentu mengandung 13%(w) kaolin (Al2O3.2SiO2.2H2O) dan 87% gibsit (Al2O3.3H2O). Berapa % dari seluruh aluminium yang ada yang dapat dipulihkan dengan proses Bayer tersebut?

Soal nomor 14.
Bila diukur pada kondisi yang sama urutan kenaikan densitas gas O2, CH4, CO2, H2S, SO2, dan N2O4 adalah ....

Soal nomor 15.
Perubahan geometri molekul yang terjadi pada reaksi SiF4 + F ⟶ SiF5

adalah dari .... menjadi .....

Soal nomor 16.
Urutan senyawa berikut berdasarkan tingkat keasamannya: CH3OH, HCl, NH3, dan CH4
adalah ....

Soal nomor 17.
Gambarkan arah momen dipol dari senyawa polar dari CH3Cl, CH3OH, CH3Li dan CH3COOH

Soal nomor 18.
Walaupun merupakan unsur gas mulia yang bersifat inert, Xe dapat bereaksi pada kondisi tertentu dengan unsur yang lebih elektronegatif membentuk senyawaan XeF2, XeF4, XeO3, dan XeOF2. Hibridisasi Xe dalam masing-masing senyawa tersebut berturut-turut adalah ...., ....., ...... dan .....

Soal nomor 19.
Di antara senyawa-senyawa organik berikut CH3CH2CH3-OH, CH3CH(OH)CH3, CH3CH2COOH, dan CH3CH2CHO urutan senyawa yang memiliki titik didih dari yang terendah sampai yang tertinggi adalah ....., ......, ......, dan .....

Soal nomor 20.
Seorang kimiawan melakukan percobaan di laboratorium, yaitu melakukan pemanasan terhadap H2O2 secara langsung, dan menambahkan MnO2 sebelum dipanaskan. Ternyata reaksi menghasilkan gas O2. bagaimana cara kimiawan tersebut mengidentifikasi bahwa gas yang dihasilkan adalah O2?.......

Soal nomor 21.
Unsur M adalah logam yang mempunyai kilap dan sangat reaktif (titik lelehnya 63oC) dan X adalah nonlogam yang sangat reaktif (titik lelehnya -7,2oC). Keduanya beraksi membentuk senyawa dengan rumus MX yang berupa padatan rapuh tak berwarna dan meleleh pada suhu 734oC. Ketika dilarutkan dalam air atau ketika dilelehkan, zat tersebut dapat menghantarkan arus listrik. Ketika gas klorin dialirkan ke dalam larutan yang mengandung MX, tampak cairan berwarna cokelat kemerahan dan terbentuk ion Cl . Dari pengamatan ini, maka M dan X berturut-turut adalah ..... dan ....

Soal nomor 22.
Perhatikan data termodinamika untuk suatu zat X berikut:

Titik leleh (1 atm): -20,0oC
Titik didih (1 atm): 85oC
∆H (s) (l) : 180 J/g
∆H (l) (g) : 500 J/g
Csolid : 1,0 J/g.oC
Cliquid : 2,5 J/g.oC
Cgas : 0,5 J/g.oC

Pada tekanan 1 atm, 25 gram zat X dipanaskan dari -40oC menjadi 100oC dengan laju pemanasan tetap sebesar 450 J/menit. Waktu yang dibutuhkan untuk melelehkan seluruh sampel adalah .... menit.

Soal nomor 23.
Sampel asam benzoat (C7H6O2) diletakkan di dalam kalorimeter bom yang diisi dengan oksigen berlebih pada tekanan tinggi. Kapasitas kalor keseluruhan kalorimeter bom sebesar 2422 kal/K. Oksidasi dipicu dengan memberikan bunga api listrik pada sampel tersebut. Setelah sampel habis terbakar, termometer yang dicelupkan pada air dalam kalorimeter bom tersebut menunjukkan suhu 3,256K lebih tinggi dari sebelum pembakaran. Maka ∆H per-mol asam benzoat yang dibakar di dalam kalorimeter bom adalah .....

Soal nomor 24.
Hidrazin, N2H4 terurai sesuai dengan reaksi berikut: 3N2H4(l) ⟶ 3NH3(g) + N2(g)

Entalpi pembentukan standar hidrazin ada 50,42 kJ/mol, dan amonia -46,3 kJ/mol. Hidrazin dan amonia terbakar dalam oksigen menghasilkan H2O(l) dan N2(g) . Berdasarkan massa (per-kg), maka antara hidrazin atau amonia yang lebih baik sebagai bahan bakar adalah ....

Soal nomor 25.
Untuk reaksi A + B ⟶ C, ternyata jika konsentrasi awal A dinaikkan menjadi dua kali (konsentrasi B tetap), maka laju reaksi menjadi dua kali lebih besar. Bila konsentrasi awal A dan B masing-masing dinaikkan tiga kali, maka laju reaksi menjadi 27 kali lebih besar. Persamaan laju reaksi tersebut adalah ....

Soal nomor 26.
Suatu reaksi melibatkan at A dan zat B, sehingga menghasilkan reaksi dengan persamaan A(g) + 2 B(g) ⟶ 2C(g). Konsentrasi awal zat A adalah 0,8 mol/liter. Setelah 10 detik ternyata didapatkan 0,2 mol/liter zat C. Ungkapan laju reaksi yang tepat bagi reaksi tersebut adalah .....

Soal nomor 27.
Laju reaksi elementer: Ar + O2 ⟶ Ar + O + O telah dikaji sebagai fungsi suhu antara 5.000K dan 18.000K. data berikut ini diperoleh untuk tetapan laju t]reaksi tersebut.

Suhu (K) K 9L mol-1 s-1)
5.000 5,49 × 106
10.000 9,86 × 108
15.000 5,09 × 109
18.000 8,60 × 109

Besarnya energi aktivasi untuk reaksi ini adalah .....

Soal nomor 28.
Untuk reaksi hipotetik 2A + B ⟶ C + d yang dikatalis oleh suatu enzim E memiliki mekanisme reaksi seperti di bawah ini:

Tahap 1 : A + E ⇌ AE (cepat)
Tahap 1 : AE + A ⇌ A2 + E (lambat)
Tahap 1 : A2 + B ⇌ C + D (cepat)

Hukum laju reaksi yang sesuai dengan mekanisme tersebut adalah ....

Soal nomor 29.
Studi reaksi antara tert-butyl alkohol dengan HCl pekat menghasilkan tert-butyl chlorida menunjukkan fenomena sebagai berikut:

Jika konsentrasi H+ dilipatduakan, laju reaksi naik dua kali.
Jika konsentrasi tert-butyl alkohol dilipattigakan, laju reaksi naik tiga kali.
Jika konsentrasi ion Cl dinaikkan empat kali, laju reaksi tidak berubah.

Dari data ini dapat disimpulkan reaksi berlangsung dengan mekanisme ..... dan persamaan laju yang sesuai adalah .....

Soal nomor 30.
Hitunglah konsentrasi ion NH4+ (yang berasal dari NH4Cl) yang diperlukan untuk mencegah pengendapan Mg(OH)2 di dalam 1 L larutan yang mengandung 0,01 mol amonia dan 0,001 mol Mg2+. Tetapan ionisasi amonia adalah 1,75 × 10–5 . hasil kali kelarutan Mg(OH)2 adalah ....

Soal nomor 31.
Beberapa logam dapat dipisahkan melalui metode pengendapan selektif senyawaan sulfidanya. Sebagai sumber ion sulfida biasanya digunakan H2S (Ka1 = 9 × 10–8 dan Ka2 = 1,2 x 10–13) yang dibuat jenuh dan mengatur pH dari larutannya. Jika di dalam suatu sampel larutan mengandung Mn2+, Ni2+, Cd2+, dan Cu2+ masing-masing dengan konsentrasi yang sama dan ligan dilakukan pemisahan selektif keempat kation logam tersebut sebagai endapan sulfidanya (Ksp MnS, NiS, CdS, dan CuS berturut-turut adalah 3 × 10–11, 4 × 10–20, 1 × 10–27, 3 × 10–37). Urutan kation yang akan mengendap dimulai dari pH yang rendah berturut-turut ....., ......, ......, dan ......

Soal nomor 32.
Reaksi antara nitrogen dan hidrogen untuk menghasilkan amonia seperti berikut ini:

N2(g) + 3H2(g) ⇌ 2NH3(g)

adalah sangat penting dalam pembuatan pupuk yang mengandung nitrogen. Reaksi ini mempunyai tetapan kesetimbangan 1,9×10–4 pada 400oC . seandainya 0,1 mol N2, 0,04 mol H2, 0,02 mol NH3 ditutup dalam bejana bervolume 1 L pada 400oC, maka reaksi akan berlangsung ke arah....

Soal nomor 33.
Konsentrasi dari oksida-oksida nitrogen dapat dimonitor dari laporan polusi udara. Pada suhu 25oC, tetapan kesetimbangan untuk reaksi:

NO(g) + ½ O2(g) ⇌ 2NO2(g) K1 = 1,3×106

½ N2(g) + 2O2(g) ⇌ NO(g) K2 = 6,5×10-16
Dari kedua data reaksi tersebut, maka harga tetapan kesetimbangan K3 untuk reaksi:
N2(g) + 2O2(g) ⇌ 2NO(g)
adalah...

Soal nomor 34.
Jika 0,1M masing-masing larutan natrium asetat, barium asetat dan amonium asetat diurutkan berdasarkan kenaikan pH-nya, maka urutan yang benar adalah ........< ....... < ......

Soal nomor 35.
Bila kita mencampurkan 0,4 mol H3PO4 dengan 0,2 mol KOH dalam sebuah wadah, maka dalam wadah akan terdapat spesi........, .........., dan ..........

Soal nomor 36.
pH larutan yang dibuat dengan mencampurkan 30 mL HCl 0,1 M dan 20 mL Na2CO3 0,1 M adalah ..... (diketahui Ka1 dan Ka2 H2CO3 masing-masing adalah 4,5×10–7 dan 4,7×10–11)

Soal nomor 37.
Asam asetat (CH3COOH) mempunyai Ka = 1,76×10–5 pada suhu 25 oC. Jika dianggap 1,00 mol dilarutkan ke dalam air sampai menghasilkan volume 1L larutan, maka pH dan fraksi asam asetat yang terionisasi pada kesetimbangan adalah ..... dan ......

Soal nomor 38.
Tiga buah logam X, Y, dan Z masing-masing dicelupkan ke dalam larutan yang mengandung kation logam yang bersangkutan, kemudian diuji coba pada sel Volta sehingga diperoleh kesimpulan bahwa :

Jika X dan Y dipasangkan diketahui bahwa X berfungsi sebagai katoda
Jika Y dan Z dipasangkan diketahui bahwa Z berfungsi sebagai katoda
Jika X dan Z dipasangkan diketahui bahwa X berfungsi sebagai anoda

Berdasarkan percobaan tersebut urutan kenaikan kekuatan sebagai zat pengoksidasi adalah logam ......... < logam ......... < logam .......

Soal nomor 39.
Arus tetap sebesar 1,2 Ampere dilewatkan selama 2 jam 33 menit pada sel elektrolisis yang mengandung larutan MClx. Pada akhir elektrolisis diketahui sebanyak 2,98 logam M terdeposisi. Konfigurasi elektron logam M adalah ...

Soal nomor 40.
Jika diketahui E° NO3-(aq )| NO(s) dan E° Cu2+(aq) | Cu(s) bertutut-turut adalah 0,96 V dan 0,34 V versus SHE, maka energi bebas Gibbs untuk sel dengan notasi Cu(s)|Cu2+(aq) || NO3-(aq) | NO(s) | Pt(s) adalah ... kJ

Soal nomor 41.
Jika potensial reduksi standard (E°) Fe3+(aq) | Fe(s)
dan Fe2+(aq) | Fe(s) masing-masing sebesar -0,036 V dan -0,440 V,
maka E° Fe3+(aq) | Fe2+(aq) adalah sebesar .........

Soal nomor 42.
Perhatikan diagram fasa sulfur, S, di bawah ini:

Perubahan fasa yang terjadi jika sulfur pada 1 atm dipanaskan dari 80°C sampai 170°C adalah .......

Soal nomor 43.
Seorang ahli kimia mempelajari potensi zat organik sebagai zat antibeku. Sebanyak 0,243 gram zat tersebut dilarutkan dalam 25 mL air dan diketahui titik beku larutan tersebut adalah -0,201°C. sedangkan dari hasil analisis kandungan unsur diketahui zat tersebut mengandung 53,31% C; 11,18% H dan sisanya adalah O. Terdapat dua kemungkinan senyawa, yaitu senyawa dengan struktur memiliki ikatan hidrogen dan struktur tanpa ikatan hidrogen. Senyawa dengan struktur ikatan hidrogen adalah ... dan senyawa dengan struktur tanpa ikatan hidrogen adalah ......

Soal nomor 44.
Bagaimana perubahan hibridisasi atom C yang ditandai bintang dari reaktan menjadi produk pada struktur adalah ......... menjadi ........


Soal nomor 45.
Salah satu komponen yang terdapat dalam jeruk lemon adalah limonene C10H16. Jika limonene dihidrogenasi dengan hidrogen berlebih dan katalis Pt, akan dihasilkan alkana dengan rumus molekul C10H20. Berdasarkan data ini, apa kesimpulan anda mengenai struktur molekul dari limonenene? .......

Soal nomor 46.
Alkohol adalah bahan baku yang sangat luas cakupan penggunannya dalam dunia sintesis. Salah satu senyawa alkohol yaitu butana dapat dibuat dari butanol melalui tahap reaksi ........dan .......

Soal nomor 47.
Kolesterol (struktur di bawah ini) adalah komponen utama batu ginjal, dan dipercaya bahwa tingkat kolesterol dalam darah merupakan faktor penyumbang dalam jenis-jenis penyakit tertentu, seperti penyakit jantung.

Bila kolesterol direaksikan dengan Br2 maka akan dihasilkan senyawa (tuliskan strukturnya) .......

Soal nomor 48.
Selesaikan persamaan reaksi berikut lengkap dengan arah kesetimbangan berdasarkan data pKa dan pKb dari reaktan


Soal nomor 49.
Vanilin (4), salah satu perisa (penyedap) alami yang berasal dari tanaman anggrek jenis Vanillaplanifolia dapat disintesis dari glikol (1) di laboratorium dengan beberapa tahapan seperti skema di bawah ini:

Jenis reaksi dari ketiga tahapan sintesis vanilin berturut-turut adalah ......, ......., dan.......

Soal nomor 50.
Nilon 66 dapat dihasilkan dari reaksi antara asam adipat (asam 1,6-heksan-dioat) dan 1,6 heksan-diamina melalui reaksi kondensasi. Tuliskan reaksi pembentukan serat nilon 66 tersebut....


Klik untuk unduh soal ini dalam berkas PDF. (1,80 MB)


Olimpiade Sains Nasional Guru KIMIA SMA 2015 Seleksi Tingkat Propinsi

Ketentuan Umum:
  1. Barang bawaan peserta disimpan di bawah sebelah kiri/kanan meja tes masing-masing, kecuali alat tulis yang akan digunakan untuk menjawab soal.
  2. Tes kimia ini terdiri dari 50 soal, tidak ada ralat dan penjelasan apapun terhadap soal.
  3. Peserta diwajibkan menjawab semua soal tes ini.
  4. Waktu yang disediakan untuk menjawab seluruh soal tes ini adalah 2,5 jam (150 menit). Peserta hanya diperbolehkan memulai/mengakhiri tes dan meninggalkan ruangan tes secara serentak setelah diijinkan pengawas tes.
  5. Jawaban hanya jawaban dituliskan akhirnya saja di dalam lembar jawaban yang telah disediakan .
  6. Peserta diwajibkan bekerja sendiri dengan jujur, tidak diperkenankan melakukan kegiatan menyontek dalam bentuk dan cara apapun. Tidak diperkenankan saling meminjam alat tulis dan sebagainya.
  7. Jika perlu gunakan bagian kosong halaman/lembar soal sebagai kertas buram/coret-coretan, tidak diberi dan tidak diperkenankan menggunakan kertas buram apapun.
  8. Jawaban harus ditulis menggunakan pulpen/ballpoin dan dilarang menggunakan pensil.
  9. Selama menjawab soal/mengikuti tes peserta diperbolehkan menggunakan alat-alat penghitung (misalnya kalkulator)
  10. Setiap jawaban benar diberi skor 2 untuk tiap soal.
  11. Jawaban salah dan jawaban kosong atau soal tidak dijawab tidak diberi skor.
CATATAN, PADA SOAL ASLI-NYA DISEDIAKAN TABEL PERIDIK UNSUR


Klik untuk unduh soal ini dalam berkas PDF. (1,80 MB)

Pembahasan soal akan diunggah kemudian di web ini.
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar