Pada halaman ini akan dibahas mengenai Soal Sosiologi Merancang dan Melakukan Penelitian Sosial. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Soal sosiologi mengenai merancang dan melakukan penelitian sosial yang ada pada artikel ini tersusun berdasarkan beberapa materi, khsusnya yang dipelajari di SMA/MA, antara lain :
a. Metode penelitian sosial
b. Membuat rancangan metode penelitian sosial
c. Melakukan penelitian sosial secara sederhana
Ada soal pilihan ganda (multiple choice), soal proyek, dan soal uraian atau esai yang ada paa artikel ini. Berikut ini soal sosiologi bab “merancang dan melakukan penelitian sosial”
a. Soerjono Soekanto
b. Jujun S. Suriasumantri
c. Selo Soemardjan
d. Max Weber
e. Koentjaraningrat
2. Penelitian Sosial adalah salah satu upaya untuk mempelajari serta mengungkapkan gejala-gejala sosial secara...
a. deduktif
b. ilimiah
c. induktif
d. mendalam
e. transparan
3. Salah satu fungsi dan tugas penelitian-penelitian sosial yaitu memberikan pandangan serta ramalan-ramalan ilmiah atas kejadian-kejadian (sosial budaya) yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang, hal tersebut berarti penelitian sosial mempunyai fungsi dan tugas...
a. edukatif
b. prediktif
c. adaptif
d. preventif
e. kuratif
4. Langkah pertama yang harus diambil seorang peneliti sebelum memulai sebuah penelitian sosial yaitu...
a. merumuskan masalah
b. membatasi masalah
c. mengidentifikai masalah
d. membuat hipotesa
e. menentukan masalah
5. Seorang peneliti yang masih pemula biasanya akan cenderung memilih masalah-masalah penelitian yang bersifat...
a. unik
b. umum
c. langka
d. sulit
e. urgen
6. Dalam menentukan fokus (masalah) penelitian, salah satu kelemahan para peneliti pemula yaitu...
a. terlalu sempit
b. terlalu rumit
c. terlalu luas
d. terlalu mendalam
e. terlalu mudah
7. Syarat sebuah masalah penelitian dalam pendekatan positivistik yaitu nyata, jelas, dan secara teknis bisa diamati dan diteliti, atau dikatakan bersifat...
a. fenomenis
b. empiris
c. objektif
d. komprehensif
e. realistis
8. Bagi seseorang yang sudah terbiasa dengan kegiatan riset, mengetahui sebuah masalah penelitian biasanya lebih mudah karena ia bisa menebaknya dari...
a. simpulan
b. judul penelitian dan metodologi
c. kerangka teori dan latar belakang
d. metodologi dan kerangka teori
e. latar belakang dan judul
9. Latar Belakang Masalah suatu penelitian terutama akan menguraikan hal-hal seperti berikut...
a. sulit mendapatkan masalah
b. mahalnya biaya penelitian
c. urgennya masalah untuk diteliti
d. alasan pemilihan teori substantif
e. kemenarikan jenis penelitianya
10. Syarat sebuah perumusan masalah antara lain harus memenuhi kriteria sebagai berikut...
a. mudah dan dipahami pasti
b. menarik dan operasional
c. menarik dan mudah dibaca
d. mudah dibaca dan jelas
e. operasional dan spesifik
2. Dalam dunia ilmiah, bagaimana sebuah masalah sosial itu bisa timbul? Berikan alasan serta contoh-contohnya!
3. Mengapa variabel-variabel yang dipersiapkan dalam rancangan penelitian kualitatif masih dikatakan bersifat serba kemungkinan? Dalam hubungan tersebut apa juga perbedaannya dengan penelitian kuantitatif?
4. Mengapa seorang peneliti yang akan melakukan suatu penelitian sosial harus melakukan persiapan, baik persiapan adminitrasi, fisik, dan persiapan secara profesional?
5. Jelaskan beberapa pengertian research design (rancangan penelitian) yang menurut Lexy J. Moleong, Guba dan Lincoln, Siswojo Hardjodipuro!
1. Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 3 sampai 5 orang, kemudian mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai potensi rawan adanya permasalahan sosial.
2. Siswa diminta menentukan fokus penelitian (masalah) yang akan ditelitinya (bisa penelitian eksplanatif atau diskriptif, dan boleh memakai metode kuantitatif atau kualitatif)
3. Berdasarkan jenis penelitian, fokus masalah, dan metode yang akan dipakai buatlah rancangan penelitian yang akan digunakannya sebagai rambu-rambu atau pedoman dalam melaksanakan sebuah penelitian!
4. Jika siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas, bisa berkonsultasi dengan Bapak/Ibu guru ketika melaksanakan penelitian.
5. Hasil penelitian dipresentasikan dan didiskusikan di depan kelas untuk memperoleh tanggapan, saran-saran, dan masukan-masukan dari kelompok lainnya (termasuk dari guru)!
a. Metode penelitian sosial
b. Membuat rancangan metode penelitian sosial
c. Melakukan penelitian sosial secara sederhana
Ada soal pilihan ganda (multiple choice), soal proyek, dan soal uraian atau esai yang ada paa artikel ini. Berikut ini soal sosiologi bab “merancang dan melakukan penelitian sosial”
Soal Pilihan Ganda : Merancang dan Melakukan Penelitian Sosial
1. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai struktur sosial, perubahan-perubahan sosial, dan proses-proses sosial, yakni sebagaimana dikemukakan oleh...a. Soerjono Soekanto
b. Jujun S. Suriasumantri
c. Selo Soemardjan
d. Max Weber
e. Koentjaraningrat
2. Penelitian Sosial adalah salah satu upaya untuk mempelajari serta mengungkapkan gejala-gejala sosial secara...
a. deduktif
b. ilimiah
c. induktif
d. mendalam
e. transparan
3. Salah satu fungsi dan tugas penelitian-penelitian sosial yaitu memberikan pandangan serta ramalan-ramalan ilmiah atas kejadian-kejadian (sosial budaya) yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang, hal tersebut berarti penelitian sosial mempunyai fungsi dan tugas...
a. edukatif
b. prediktif
c. adaptif
d. preventif
e. kuratif
4. Langkah pertama yang harus diambil seorang peneliti sebelum memulai sebuah penelitian sosial yaitu...
a. merumuskan masalah
b. membatasi masalah
c. mengidentifikai masalah
d. membuat hipotesa
e. menentukan masalah
5. Seorang peneliti yang masih pemula biasanya akan cenderung memilih masalah-masalah penelitian yang bersifat...
a. unik
b. umum
c. langka
d. sulit
e. urgen
6. Dalam menentukan fokus (masalah) penelitian, salah satu kelemahan para peneliti pemula yaitu...
a. terlalu sempit
b. terlalu rumit
c. terlalu luas
d. terlalu mendalam
e. terlalu mudah
7. Syarat sebuah masalah penelitian dalam pendekatan positivistik yaitu nyata, jelas, dan secara teknis bisa diamati dan diteliti, atau dikatakan bersifat...
a. fenomenis
b. empiris
c. objektif
d. komprehensif
e. realistis
8. Bagi seseorang yang sudah terbiasa dengan kegiatan riset, mengetahui sebuah masalah penelitian biasanya lebih mudah karena ia bisa menebaknya dari...
a. simpulan
b. judul penelitian dan metodologi
c. kerangka teori dan latar belakang
d. metodologi dan kerangka teori
e. latar belakang dan judul
9. Latar Belakang Masalah suatu penelitian terutama akan menguraikan hal-hal seperti berikut...
a. sulit mendapatkan masalah
b. mahalnya biaya penelitian
c. urgennya masalah untuk diteliti
d. alasan pemilihan teori substantif
e. kemenarikan jenis penelitianya
10. Syarat sebuah perumusan masalah antara lain harus memenuhi kriteria sebagai berikut...
a. mudah dan dipahami pasti
b. menarik dan operasional
c. menarik dan mudah dibaca
d. mudah dibaca dan jelas
e. operasional dan spesifik
Soal Esai / Uraian : Merancang dan Melakukan Penelitian Sosial
1. Mengapa seorang peneliti tidak boleh dengan serta merta mengambil seluruh masalah ke dalam fokus penelitiannya?2. Dalam dunia ilmiah, bagaimana sebuah masalah sosial itu bisa timbul? Berikan alasan serta contoh-contohnya!
3. Mengapa variabel-variabel yang dipersiapkan dalam rancangan penelitian kualitatif masih dikatakan bersifat serba kemungkinan? Dalam hubungan tersebut apa juga perbedaannya dengan penelitian kuantitatif?
4. Mengapa seorang peneliti yang akan melakukan suatu penelitian sosial harus melakukan persiapan, baik persiapan adminitrasi, fisik, dan persiapan secara profesional?
5. Jelaskan beberapa pengertian research design (rancangan penelitian) yang menurut Lexy J. Moleong, Guba dan Lincoln, Siswojo Hardjodipuro!
Soal Proyek : Merancang dan Melakukan Penelitian Sosial
Langkah-langkah kerja yang dilakukan1. Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 3 sampai 5 orang, kemudian mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai potensi rawan adanya permasalahan sosial.
2. Siswa diminta menentukan fokus penelitian (masalah) yang akan ditelitinya (bisa penelitian eksplanatif atau diskriptif, dan boleh memakai metode kuantitatif atau kualitatif)
3. Berdasarkan jenis penelitian, fokus masalah, dan metode yang akan dipakai buatlah rancangan penelitian yang akan digunakannya sebagai rambu-rambu atau pedoman dalam melaksanakan sebuah penelitian!
4. Jika siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas, bisa berkonsultasi dengan Bapak/Ibu guru ketika melaksanakan penelitian.
5. Hasil penelitian dipresentasikan dan didiskusikan di depan kelas untuk memperoleh tanggapan, saran-saran, dan masukan-masukan dari kelompok lainnya (termasuk dari guru)!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar