Otak Tengah (Midbrain) : Pengertian, Struktur, Fungsi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Otak Tengah (Midbrain) : Pengertian, Struktur, Fungsi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN OTAK TENGAH (MIDBRAIN)
Otak tengah (Midbrain) atau yang juga sering disebut dengan mesencephalon adalah bagian terkecil dari otak manusia. Sesuai dengan namanya, bagian ini terletak di tengah –tengah otak, tepatnya di atas batang otak (brainstem) dan di bawah otak besar (cereberum). Fungsi utamanya adalah sebagai statiun relai untuk informasi pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).
Pengertian, Struktur dan Fungsi Otak tengah (Midbrain)
OTAK TENGAH (MIDBRAIN)
B. FUNGSI OTAK TENGAH (MIDBRAIN)
  • Fungsi utama dari otak tengah merupakan sebagai stasiun relai informasi pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).
  • Otak tengah dapat berfungsi untuk mengatur tanggapan dari rangsangan yang berkaitan dengan informasi sensorik. Contohnya ketika tangan memegang suatu yang panas, maka otak tengah mengatur tangan untuk menjauhi pusat panas tersebut.
  • Otak tengah juga berperan dalam gerakan otot.
  • Meningkatkan daya ingat dapat membuat seseorang mampu belajar dalam tempo yang lebih singkat.
  • Ikut berperan dalam pengembangan kemampuan inovasi dan kreativitas.
  • Meningkatkan intuisi dan daya tangkap.

Nah karena peranannya dalam menjalankan beberapa fungsi diatas, kita sering mendengar bahwa melatih otak tengah dapat membuat kecerdasan itu meningkat. Pernyataan ini memang tidak sepenuhnya salah, memang ada peneliti yang mengakui bahwa kemampuan interbrain dapat dikembangkan. Tetapi tidak seperti yang sering kita dengar “otak tengah kita tidak aktif”, pernyataan tersebut salah besar, otak tengah kita sebenarnya sudah aktif. Hanya saja seiring bertambahnya usia, otak memiliki kecenderungan untuk secara otomatis menetapkan satu belahan otak menjadi lebih dominan dari yang lain, nah disinilah peran otak tengah penting. “MUNGKIN” otak tengah dapat membantu dalam penyeimbangan kedua belahan otak tadi, kami tidak berani memastikan argumen tersebut juga karena belum menemukan informasi yang faktual terkait hal ini.

C. STRUKTUR DAN BAGIAN – BAGIAN OTAK TENGAH (MIDBRAIN)
Otak tengah terdiri dari dua bagian utama (Tegmentum dan Tectum) dan beberapa bagian penunjang, yaitu :
Bagian Bagian Otak Tengah
BAGIAN BAGIAN OTAK TENGAH
1. Tegmentum
Tegmentum merupakan jaringan multisinapsis, jaringan ini terlibat dalam sistem homeostasis (keseimbangan) dan juga lintasan refleks tubuh. Tegmentum memiliki fungsi utama untuk mengatur kesadaran. Di dalam tegmentum terdapat beberapa struktur, antara lain :

a. Nukleus Merah (Red Nuclei)
Nulekus merah adalah bagian dalam tegmentum yang memiliki peran penting dalam mengatur koordinasi gerak tubuh.

b. Substansia nigra
Substansia nigra adalah tempat membentangnya tegmentum, dimana tegmentum mengandung nukleus merah yang mengatur fungsi motorik. Substansia nigra merupakan struktur berwarna gelap berisi banyak neuron yang menghasilkan dopamin. Bagian ini juga berperan dalam pengontrolan gerakan badan.

2. Tectum
Tectum terdiri dari 2 pasang colliculi yang secara bersamaan disebut Corpora Quadrigemina :
  • Superior colliculi, merupakan colliculi yang berperan dalam proses awal visual dan mengendalikan gerakan mata.
  • Inferior Colliculi, merupakan colliculi yang terlibat dalam proses pendengaran.

3. Pendukulus Serebri (cerebral peduncle)
Pendukulus Serebri (cerebral peduncle) atau yang juga disebut crus serebri adalah bundel saraf yang terdiri dari saraf sensoris dan motoris yang membawa informasi antara otak besar (cerebrum) dan pons. 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar