Huruf : Pengertian, Sejarah, Fungsi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Huruf : Pengertian, Sejarah, Fungsi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN HURUF
Huruf merupakan satuan terkecil berupa bentuk atau lambang dari suatu sistem tulisan. Huruf yang dipakai dalam bahasa Indonesia merupakan sistem 26 huruf (dalam alfabet latin modern), ada juga sistem huruf yang berbeda, misalnya sistem 47 huruf dalam Hiragana (bahasa jepang). Masing-masing huruf memiliki suatu bunyi yang menjadi makna lambangnya. Nah bunyi tersebut disebut fonem huruf.
Pengertian Huruf, Sejarah Huruf, Fungsi Huruf
HURUF
B. SEJARAH HURUF
Karena sulit untuk mengumpulkan informasi pada zaman sebelum masehi, maka ada banyak sumber tentang kapan pertama kali huruf terbentuk. Tetapi teori yang paling kuat adalah Teori Mesir Kuno. Sekitar Tahun 4000 Sebelum Masehi teks berupa tulisan yang terdiri dari beberapa huruf sudah ada di Mesir, buktinya dapat ditemukan pada perpustakaan tertua di Mesir. Huruf yang dipakai oleh orang-orang mesir saat itu dikenal dengan Sistem Huruf Hiroglif. Konon katanya Sistem Hiroglif ini terdiri dari 22 huruf.

Tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa sistem huruf pertama kali dipakai oleh Bangsa Sumeria (yang sekarang dikenal dengan irak) sekitar 3000 tahun yang lalu. Sistem yang dipakai oleh bangsa ini disebut dengan Sistem Huruf Paku. Kita tahu, bahwa pada masa itu masih terjadi perang yang memperebutkan kekuasaan, sehingga ketika Bangsa Sumeria dikalahkan oleh bangsa lain, tulisan dan sistem huruf mereka juga diambil alih. Pada akhirnya bangsa Babilonia, persia dan bangsa lain juga mengenal sistem huruf-huruf paku tadi.

Nah sedangkan sistem huruf yang kita pakai saat ini dikenal dengan sistem huruf Alfabet (Alphabet). Sistem huruf ini awalnya berasal dari bahasa yang dipakai bangsa semit. Secara bahasa, kata alphabet berasal dari dua kata, yaitu Aleph (Sapi Jantan) dan Beth (Rumah). Kemudian sistem alfabet ini berkembang ke Jazirah Arab, Asia, dan Eropa. Awalnya sistem alfabet terdiri dari 23 huruf yang sangat sederhana, kemudian dikembangkan oleh bangsa Yunani dengan merapkan bentuk-bentuk geometris untuk masing-masing huruf (termasuk penerapan membaca dari kiri ke kanan). Sampai akhirnya sistem alfabet ini disempurnakan oleh bangsa Romawi hingga menjadi 26 huruf dan dengan simbol-simbol yang kita kenal saat ini.
Huruf Latin yang dipakai di Dunia Saat Ini
HURUF LATIN
C. FUNGSI HURUF
Huruf digunakan untuk membentuk kata sehingga memiliki arti dan dapat mewakili sesuatu yang ingin disampaikan. Bisa dikatakan bahwa huruf merupakan komponen yang membantu manusia dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Bayangkan saja jika tidak ada huruf, pasti kita akan sangat kesulitan dalam menyampaikan informasi. 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar