Pengenalan Konsep Object Oriented


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengenalan Konsep Object Oriented. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Pengenalan Konsep Object Oriented


Konsep Object Oriented

Pengertian
  1. Berorientasi objek ialah bahwa kita mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.
  2. Konsep awal programming (Basic) dengan kekuatan GOTO statement ini ialah non procedural language. Procedural language atau bahasa pemograman terstruktur menghilangkan kelemahan GOTO konsep non procedural language. Contoh: Pascal, COBOL, FORTRAN, BASIC dll.
  3. Object Oriented Programming, mengarah pada konsep object. Akhir tahun 1960 diperkenalkan pertama kali dengan bahasa SIMULA. Tahun 1970 dikembangkan Smaltalk. Bahasa pemrograman lainnya: Clipper 5.2 Java, Prolog dll.
  4. Visual Object Oriented Programming, tahun 1991 diperkenalkan pertama kali dengan bahasa Visual Basic oleh Microsoft. Bahasa pemrograman lainnya: Visual C++, Visual Foxpro 3.0, CORBO dll.
Object Oriented ialah salah satu teknik atau konsep yang digunakan di dalam bahasa pemrograman. Konsep atau teknik ini digunakan karena memiliki kemudahan dalam pengembangan program atau aplikasi oleh programmer lain nantinya. Tentunya anda akan mengetahui mengenai hal ini ketika anda telah mengetahui apa itu OO lebih lanjut, serta konsep-konsep dasar yang dianutnya.

Pemodelan Objek

Object Oriented Analysis and Design ialah pendekatan yang digunakan untuk:
  1. Mempelajari objek yang sudah ada untuk mengetahui apakah dapat digunakan kembali ataupun dapat diadaptasi untuk pemakaian baru.
  2. Menentukan suatu objek atau dimodifikasi yang akan digabung dengan objek yang sudah ada kedalam suatu aplikasi komputasi bisnis yang sangat berharga.
Object Modeling ialah teknik untuk mengindentifikasi objek ke dalam lingkungan sistem dan mengidentifikasi hubungan antara objek-objek tersebut.

Object, Attributes and Instances

Object ialah sesuatu yang ada atau dapat dilihat, disentuh atau dirasakan dan pemakai data serta mencatat perilaku mengenai sesuatu.

Attribute ialah aspek penting dari data. merupakan data yang mewakili karakteristik interes tentang sebuah objek.

Object Instance dapat beryupa: setiap orang khusus; tempat; sesuatu atau kejadian dan juga nilai untuk atribut dari objek.

Behavior ialah kumpulan dari sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek dan terkait dengan fungsi-fungsi yang bertindak pada data objek atau atribut.

Object Class

Class ialah satu set objek yang memiliki atribut dan behavior yang sama. Biasanya disebut dengan sebagai Object Class.

Object atau Class Relationship

Hubungan objek atau class ialah asosiasi bisnis yang ada diantara satu atau lebih objek dan class.

Karakteristik Metodologi Berorientasi Objek

Metodologi pengembangan sistem berorientasi objek ada tiga karakteristik utama, yaitu sebagai berikut:


a. Encapsulation
Encapsulation ialah dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau fungsi atau method dikemas secara bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya.

b. Inheritance
Inheritance ialah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data atau atribut dan metode dari induknya langsung. Pendefinisian objek dipergunakan untuk membangun suatu hirarki dari objek turunannya, sehingga tidak perlu membuat atribut dan metode lagi pada anaknya, karena telah mewarisi sifat induknya.

c. Polymorphism
Polymorphism ialah konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polymorphism mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda.
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar