Soal dan penyelesaian percepatan gerak partikel


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Soal dan penyelesaian percepatan gerak partikel. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Soal 1
Sebuah mobil balap dapat dipercepat dari 0 sampai dengan 90 km/jam dalam 5 s. Berapakah percepatan rata-rata selama perode ini?

Solusi
Kita akan mendapatkan percepatan rata-rata adalah
Karena 1 jam = 3600 sekon dan 1 km = 1000 m, maka
 
Soal 2
Sebuah mobil sedang bergerak ke kanan. Pada suatu jalan lurus, yang kita pilih sebagai sumbu x positif. Kemudian pengemudi mobil itu menginjak pedal rem. Jika kecepatan awal (ketika pengemudi menginjak rem) adalah v1 = 15,0 m/s dan dibutuhkan waktu 5,0 s untuk memperlambat mobil ke kecepatan v2 = 5,0 m/s, berapakah percepatan rata-rata mobil?

Solusi:

 
Tanda negatif muncul karena kecepatan akhir lebih kecil daripada kecepatan awalnya. Dalam kasus ini arah percepatan adalah ke kiri (pada arah x negatif), walaupun kecepatannya selalu mengarah ke kanan. Kita menyatakan bahwa percepatannya 2 m/s2 ke kiri dalam gambar di tunjukan oleh panah warna ungu.

Soal 3
Pada saat t = 5 s sebuah benda bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Pada saat t = 8 s kecepatannya adalah – 1 m/s. Carilah percepatan rata-rata untuk selang waktu ini!

Solusi:
Dari soal jelas bahwa selama 5 detik benda bergerak ke kanan dengan kecepatan 5 m/s dan saat 8 detik benda berbalik arah ke kiri dengan kecepatan 1 m/s. Dengan menggunakan persamaan percepatan rata-rata dengan mudah kita peroleh
 
Tanda negatif muncul karena kecepatan akhir lebih kecil daripada kecepatan awalnya. Dalam kasus ini arah percepatan adalah ke kiri (pada arah x negatif), dan kecepatannya selalu mengarah ke kiri. Kita menyatakan bahwa percepatannya 2 m/s2 ke kiri.

Soal 4
Sebuah benda bergerak lurus dengan percepatan seperti tampak pada gambar (2) di bawah ini!. (a) tentukan percepatan rata-rata dari t = 0 sampai t = 4 s; dari t = 4 s sampai t = 8 s; dari t = 8 s sampai t = 12 s. (b) Gambarlah grafik percepatan terhadap waktu!
 
Solusi:
  • Percepatan rata-rata dapat di cari dengan menggunakan gradien pada setiap garis pada grafik v(t)
  • Dari t = 0 sampai t – 4 s;
  • Dari t = 4 s dampai t = 8 s;
 
  • Dari t = 8 s dampai t = 12 s;
 
  • Grafik percepatan terhadap waktu dapat di gambar seperti di bawah ini!
 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar