Soal dan penyelesaian tentang hukum kepler


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Soal dan penyelesaian tentang hukum kepler. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Soal 1
Dua buah planet P dan Q mengorbit  Matahari. Perbandingan antara jarak planet P dan planet Q ke matahari adalah 4 : 9. Apabila periode planet P mengelilingi Matahari adalah 24 hari, tentukan periode planet Q.

Solusi;
Diketahui: RP : RQ = 4 : 9 à RP = (4/9)RQ dan TP = 24 hari, maka  kita peroleh
Latihan soal 1
Planet A dan B masing-masing mempunyai jarak P dan Q terhadap matahari. Jika periode revolusi planet A adalah T dan P = 4Q. Tentukan periode revolusi planet B! (jwb: TB = T/8)

Latihan soal 2
Jika jari-jari lintasan bumi mengelilingi matahari adalah R dan periode revolusi bumi adalah T, tentukan periode revolusi planet X yang mempunyai jari-jari lintasan 1/3 R!(jwb: T√3/9)

Latihan soal 3
Planet X dan planet Y mengorbit mengitari matahari. Jika perbandingan antara jarak masing-masing planet ke matahari adalah 3 : 1 maka perbandingan periode planet X dan planet Y mengelilingi matahari adalah…. (TX = 3√3 TY)

Latihan soal 4
Jarak rata-rata planet bumi ke matahari adalah 149,6 x 106 km dan jarak rata-rata planet merkurius 57,9 x 106 km. Periode revolusi bumi adalah 1 tahun, berapa periode revolusi planet merkurius ? (87,6 hari)

Latihan soal 5
Jarak rata-rata planet venus ke matahari adalah 1,08 x 108 km dan periode revolusi venus adalah 0,615 tahun. Berapa konstanta perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga jarak rata-rata venus ke matahari?
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar