Kalkulator Ksp untuk Larutan Jenuh yang Diketahui pH–nya


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Kalkulator Ksp untuk Larutan Jenuh yang Diketahui pH–nya . Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Larutan basa secara umum terdapat 3 macam yaitu BOH, B(OH)2, dan B(OH)3. Jika diketahui pH larutan jenuh dari jenis basa yang sukar larut tersebut maka dapat ditentukan Ksp atau Hasil Kali Kelarutan Ion-ion-nya.

Berikut ini adalah alat hitung yang dapat digunakan untuk menentukan Ksp jika diketahui pH larutan jenuh suatu basa yang sukar larut.

Pada kalkulator ini nilai pH dapat diganti sesuai soal yang akan diselesaikan kemudian sila klik di luar kotak kalkulator untuk melihat hasilnya. Untuk menuliskan bilangan desimal gunakan tanda titik sebagai ganti tanda koma. Jika nilai Ksp yang dihasilkan tertulis misalnya 3,3333333333e-21 ini artinya = 3,33 × 10–21.

VaribaleNilaiRumus
pH
pOHpOH = 14 – pH
[OH-]10–pOH
Basa BOH
[B+][B+] = [OH]
KspKsp = [B+] × [OH-]
Basa B(OH)2
[B2+][B2+] = 1/2 × [OH]
KspKsp = [B2+] × [OH]2
Basa B(OH)3
[B3+][B3+] = [1/3 × OH]
KspKsp = [B3+] × [OH]3

Silakan disesuaikan jenis basanya apakah bentuk BOH, B(OH)2 atau B(OH)3 sehingga jawaban menjadi benar. Misal larutan basa Mg(OH)2 maka gunakan hasil untuk B(OH)2.

 .
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar