Kelenjar Saliva (Ludah) : Pengertian, Struktur, Fungsi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Kelenjar Saliva (Ludah) : Pengertian, Struktur, Fungsi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
A. PENGERTIAN KELENJAR SALIVA
Kelenjar Saliva atau kelenjar air liur adalah kelenjar eksokrin pada mamalia yang memproduksi air liur. Kelenjar saliva merupakan kelenjar yang mempunyai saluran sendiri. Pada organisme lain selain manusia, serangga contohnya, kelenjar saliva berfungsi untuk memproduksi protein penting dalam tubuh. Terdapat 4 kelenjar saliva pada manusia, yaitu kelenjar parotis, kelenjar submandibula, kelenjar sub lingua, dan kelenjar saliva minor. Fungsi utama dari kelenjar tersebut sama.

B. FUNGSI KELENJAR SALIVA
  • Fungsi utama kelenjar saliva adalah untuk mensekresikan air liur (saliva) ke dalam rongga mulut untuk membantu melindungi mulut, mencerna makanan, membunuh bakteri, menjaga keadaan Mulut. 
  • Mensekresikan enzim Amilase, yaitu enzim yang berfungsi mengubah Amilum (polisakarida) menjadi Maltosa (disakarida).
  • Mempermudah proses mengunyah dan menelan.
  • Mengontrol ph Mulut
  • Membantu pergerakan lidah
  • Melindungi gigi dari keropos dan karang gigi
  • Mencegah dehidrasi mulut
  • Menjaga kelembaban bibir
  • Memperlambat proses pembusukan makanan yang tersisa pada gigi

C. STRUKTUR KELENJAR SALIVA
Kelenjar saliva merupakan organ eksokrin karena memiliki duktus (saluran) penghubung yang membawa hasil sekresinya ke tempat tujuan.

Kelenjar saliva disusun oleh jaringan epitel dan jaringan ikat. Dindingnya merupakan jaringan epitel yang dikelilingi oleh jaringan ikat. Jaringan ikat yang mengelilingi bagian luar seluruh kelenjar disebut kapsul, sedangkan jaringan ikat yang membagi kelenjar menjadi lobus lobus di bagian dalam disebut septa. Pada bagian kapsul dan septa ini terdapat pembuluh darah dan saraf yang mensuplai kelenjar.

Sel epitel yang memproduksi saliva disebut sel sekretori. Terdapat dua jenis sel sekretori, yaitu sel mukus dan sel serous. Sesuai dengan namanya Sel mukus menghasilkan cairan mukus sedangkan sel serous menghasilkan cairan serosa. Sel Sekretori yang ditemukan berkelompok disebut sel acinus.

D. MACAM MACAM JENIS KELENJAR SALIVA
Pengertian, Struktur, Fungsi Kelenjar Saliva
KELENJAR SALIVA
1. Kelenjar Parotis
Kelenjar parotis merupakan kelenjar saliva terbesar pada manusia, kelenjar parotis ini terletak di bawah telinga. Kelenjar parotis berjumlah dua buah (sepasang). Kelenjar parotis mensekresikan air liur melalui sebuah saluran yang disebut duktus Stensen menuju rongga mulut. 25% dari seluruh air liur kita berasal dari kelenjar parotis.

2. Kelenjar Submandibula
Kelenjar Submandibula adalah sepasang kelenjar saliva yang terletak di rahang bawah. Produksi dari kelenjar submandibula merupakan campuran dari serosa dan mukosa yang masuk ke rongga mulut melalui saluran yang disebut duktur Wharton. 70% dari air liur di rongga mulut diproduksi oleh kelenjar ini.

3. Kelenjar Sublingua
Kelenjar Sublingua adalah sepasang kelenjar saliva yang letaknya di bawah lidah di dekat kelenjar sub mandibula. Sekitar 5 % dari seluruh air liur yang masuk ke rongga mulut berasal dari kelenjar ini.

4. Kelenjar Liur Minor
Terdapat sangat banyak (sekitar 600) kelenjar liu minor di sekitar rongga mulut. Sebagian besar terletak dalam lapisan lamina propria mukosa oral. Diameter satu kelenjar tersebut sekitar 1 – 2 mm. Kelenjar ini merupakan sejumlah sel asini yang terhubung dalam lobulus kecil. Sekresi utama kelenjar ini adalah mukus.
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar